Legenda Arsenal Thierry Henry

Legenda Arsenal Thierry Henry
Legenda Arsenal Thierry Henry. Siapa yang tidak kenal dengan maestro Arsenal Thierry Henry. Ia begitu familiar sekali di telinga kita. Kemampuannya dalam mengolah si kulit bundar pun sudah tidak diragukan lagi. Namanya pun ga kalah tenar dengan sosok David Beckham yang juga mempunyai bakat luar biasa ditengah lapangan. Kiprahnya diluar sepak bola pun cukup bisa membuktikan kalau ia juga seorang selebrity papan atas. So pasti, diluar negeri itu memang pemain sepak bola sudah layaknya seorang selebrity terkenal. Bahkan tidak jarang dari mereka menjadi model sebuah produk ataupun majalah. Kehidupan pribadinya pun sering diulas layaknya artis papan atas terutama sekali bagi mereka yang mempunyai kelebihan talenta di olahraga itu.

Sekilas aja tentang legenda Arsenal itu. Nama lengkapnya adalah Thierry Daniel Henry dimana ia lahir pada 17 Agustus 1977 di Les Ulis, Essonne, Perancis. Posisi bermain yang sangat ia kuasai yaitu sebagai seorang penyerang atau striker.Tidak jauh berbeda dengan Profil Bintang Beckham, ia juga identik sekali dengan nomor punggung 14. Awal karir dimulainya bersama tim junior CO Les Ulis, kemudian pindah ke US Palaiseau, lalu di tahun 1990 hijrah ke Viry-Chatillon. Di tahun yang sama pula ia pindah ke klub Clairefontaine hingga akhirnya ia meraih awal kesuksesan karir di tim junior Monaco. Terbukti tidak butuh waktu lama ia akhirnya masuk keskuad senior Monaco tepatnya tahun 1994. Permainan menarik ia tunjukkan dengan ketajamannya mencetak 20 gol dari 105 laga yang dilakoni bersama klub Prancis itu.

Berkat itu semua akhirnya Thierry Henry ditarik ke raksasa Juventus tahun 1999. Namun sayangnya mungkin gaya bermainnya tidak tepat di liga tersebut dimana ia hanya mampu mencetak 3 gol dari 16 laganya. Dan ditengah kekurang suksesannya, The Gunners Arsenal melihat potensi yang dimiliki yaitu tepat dengan gaya bermain di liga Inggris. Ia pun resmi menjadi pemain Arsenal di tahun yang sama. Sukses. Itulah gambaran dari karirnya bersama tim yang diarsiteki oleh Wenger. Terhitung sejak tahun 1999 hingga 2007 ia bermain dalam 254 laga dengan mencetak 174 gol bersama Arsenal. Ia pun telah berubah menjadi pangeran The Gunners. Ia begitu dielu-elukan oleh para penggemar. Tapi sayang Henry berpisah di tahun 2007 untuk bergabung dengan raksaas Spanyol Barcelona. Bersama tim Catalan tersebut dirinya mampu mencetak 35 gol dari 80 laganya. Dan di tahun 2010 ia bergabung dengan New York Red Bulls dan tetap memperlihatkan kemampuannya dalam mencetak si kulit bundar kegawang lawan.

Bisa jadi karena kecintaannya terhadap Arsenal, ia kerap menjadi pemain pinjaman The Gunners dikala liga yang kini dilakoninya sedang libur. Ia pun tetap disambut dengan antusias oleh para fans Arsenal bak ayah yang menyambut kedatangan anaknya. Bersama timnas Perancis sendiri, ia mengawali karir internasional di tahun 1997 bersama tim U-20 dimana dari 5 laga ia berhasil mencetak 3 gol. Dan ditahun yang sama pula ia masuk kedalam timnas senior berkat aksi menawannya tersebut. Total ia bermain sebanyak 123 laga dengan torehan 51 gol bersama timnas senior Perancis hingga pensiunnya dari karir timnas di tahun 2010. Ia juga udah banyak mempersembahkan gelar lho baik untuk klub yang dibelanya maupun timnas. Dan salah satu yang berkesan yaitu saat bersama timnas Perancis.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas partisipasi komentarnya gan.