Bintang Lapangan Tengah Xavi Hernandez

Profil Xavi Hernandez. Kesuksesan klub Catalan Barcelona meraih saat ini dianggap oleh sebagian besar pengamat sepak bola tidak lepas dari peran atau sepak terjang pemain tengah Xavi hernandez. Kepiawaannya dalam mengatur pola permainan seperti serangan dan bertahan serta mengatur aliran bola ke para penyerang sungguh luar biasa. Hal ini yang membuat namanya dikenal masyarakat luas pecinta olahraga bola kaki itu. So pasti kehidupannya dilapang hijau maupun kehidupan pribadinya tidak lepas dari pencarian serta pembahasan para wartawan setempat maupun dunia. Nah oleh sebab itupula penulis menganggap sangat layak informasi profil atau biodata dari Xavi hernandez yang merupakan rekan setim di klub dan timnas Spanyol Gerard Pique dibahas pada kesempatan ini.

Hasil penelusuran yang telah dilakukan diketahui pemilik nama lengkap Xavier Hernandez i Creus ini lahir di Terrassa, Barcelona, Spanyol pada 25 Januari 1980. Posisi bermain yang ditempati dan dikuasai oleh kapten kedua Barca setelah Carles Puyol ini yaitu sebagai gelandang atau pemain tengah. Posisi atau peran yang dimainkannya itu sangatlah vital bagi tim atau klub yang dibelanya. Terbukti Xavi menjadi pengatur serangan maupun tempo irama permainan yang luar biasa pun demikian dalam membantu pertahanan. Dan Xavi hernandez turut berperan besar dalam kesuksesan yang diraih klub Catalan Barcelona serta timnas Spanyol dalam meraih gelar juara bergengsi. Awal karirnya sendiri ia mulai tahun 1991 hingga 1997 bersama tim junior Barca.

Kemudian di tahun 1997 Xavi hernandez dipromosikan ke Barcelona B. Hanya butuh 3 tahun untuk akhirnya ia menjadi punggawa dari tim senior Catalan Barcelona. Banyak sudah laga yang dilakoninya bersama klub Catalan dengan torehan gol maupun assis yang tidaklah sedikit. Bersama timnas Spanyol? Awal karir timnasnya dimulai tahun 1997 tergabung dengan Spanyol U17 untuk kemudian masuk ke U18 dan akhirnya tahun 1999 masuk ke skuad U20. Tahun 2000 ia juga masuk ke timnas U23 dimana pada rentang tahun 1998 hingga 2001 juga tergabung dalam U21 serta tim senior Spanyol sejak tahun 2000 hingga saat ini. Kiprah karir sepakbola yang luar biasa tentunya. Sedikit tambahan informasi, Xavi juga pernah meraih gelar pribadi atau gelar individual sebagai pemain terbaik dalam kejuaraan Piala Eropa 2008.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas partisipasi komentarnya gan.