Gelandang Andalan Andrea Pirlo

Andrea Pirlo. Pemain berkebangsaan Italia yang satu ini sudah tidak diragukan lagi kemampuannya dalam mengolah si kulit bundar. Ia merupakan sosok pengatur pola serangan maupun bertahan, dan pengatur irama permainan tim yang begitu handal. Meskipun ia bukan termasuk pelari cepat, namun tidak dipungkiri keberadaannya begitu penting didalam klub layaknya Sergio Ramos di Real Madrid. Terbukti saat ini Juventus merasa beruntung mendapatkan jasa dari mantan pemain AC Milan itu, begitu juga dengan AC Milan yang merasa menyesal telah melepas sang pemain ke Kota Turin. Siapa lagi kalau bukan Anrea Pirlo. Si Nyonya Tua bak kembali kemasa kejayaannya setelah sang pemain gelandang tersebut bergabung.

Awal karir dimulai oleh pemain yang lahir di Flero, Lombardy, Italia pada 19 Mei 1979 itu bersama tim junior Brescia di tahun 1994. Tidak butuh waktu yang lama, satu tahun kemudian ia masuk kejajaran tim senior klub tersebut. Tiga tahun berselang, tepatnya di tahun 1998 Andrea Pirlo akhirnya direkrut salah satu raksasa Serie A Inter Milan. Namun sayangnya tahun 1999 ia dipinjamkan ke tim lain yaitu Regina untuk kemudian 2001 kembali bermain untuk Brescia namun dengan status sebagai pemain pinjaman. Lalu kemudian tahun 2001 Pirlo pun dilepas ke tim sekota Inter yaitu AC Milan. Disinilah gelandang terbaik Italia itu tumbuh berkembang menjadi pemain tengah yang begitu luar biasa hebatnya seperti halnya Andres Iniesta di Barcelona. Seolah menemukan tambatan hatinya, sang pemain bertahan cukup lama bersama AC Milan hingga tahun 2011 sampai pada akhirnya ia dilepas untuk kemudian berlabuh ke Kota Turin bersama Juventus.

Bersama Milan, banyak sudah gelar juara yang telah ia persembahkan seperti beberapa diantaranya yang menurut penulis terbaik yaitu 2 gelar juara Liga Champions serta 1 gelar Piala Dunia Antar Klub. Namun sayang loyalitasnya kurang mendapatkan perhatian dan akhirnya ia jatuh kegenggaman raksasa Serie A lainnya Juventus. Bersama tim yang barunya ini sampai sekarang ia langsung mempersembahkan 2 gelar juara dan 1 posisi runner up. Bersama timnas, karir dimulai tahun 1998 bersama Italia U21, lalu masuk skuad Tim Olimpiade Italia tahun 2000-2004, dan timnas senior Italia di tahun 2002. Banyak sudah gelar yang turut ia persembahkan baik itu untuk klub, maupun timnas. Bahkan tidak sedikit gelar individual yang telah diraihnya.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas partisipasi komentarnya gan.